Lampu Indikator Mobil Yang Pantang Diabaikan !

Lampu Indikator Mobil – Hampir semua mobil canggih sudah dilengkapi dengan lampu-lampu indikator. Jika adanya kerusakan pada sistem kendaraan yang kita gunakan lampu indikator akan memberikan tanda. Terletak pada panel instrumen yang bersanding bersama speedometer beserta tachometer lampu-lampu indikator ini biasanya  menyatu. Dan mungkin beberapa orang juga masih bingung dengan arti symbol tersebut.. Seperti apa saja kah simbol-simbol tersebut ? mari kita simak ulasan berikut bersama-sama.

Lampu Indikator Rem

Coba perhatikan simbol indikator rem di atas . Lampu ini akan menyala jika rem tangan kamu masih aktif. Namun jika handbrake telah di release dan lampu indikator lem masih menyala, maka bisa jadi lampu indikator rem menandakan bahwa minyak rem mobil anda sudah habis. Kalau sudah begitu segeralah melakukan pengisian ulang dengan minyak rem yang memiliki kualitas terbaik. Mengapa demikian ? karna rem menjadi suatu bagian paling penting dalam suatu kendaraan. Bayangkan saja jika kendaraan melaju terus tanpa sebuah rem. Alhasil kendaraan lain dapat tertabrak.

 

Lampu Indikator Pintu

Adakah yang pernah naik mobil, lalu saat hendak menutup pintu malah tidak rapat pintunya. Hal tersebut bisa sangat membahayakan penumpang. Untung saja mobil telah dilengkapi lampu indikator pintu yang akan menandakan jika ada salah satu atau beberapa pintu yang masih belum tertutup dengan sempurna. Maka dari itu usahakan untuk selalu menutup pintu mobil dengan benar.selain itu pengemudi sangat berperan penting dalam hal ini. Bagaimana tidak, karna lampu indikator hanya dapat dikontrol oleh pengemudi. Jadi sebelum menjalankan kendaraan si pengemudi wajib mengecek lampu indikator terlebih dahulu demi keamanan semua penumpang.

 

Lam Indikato Temperatur Mesin

Beberapa pengemudi sering kali tidak memperhatikan indikator suhu atau temperatur mesin pada dashboard mobil. Lalu mesin tiba-tiba saja mengeluarkan asap akibat overheat. Indikator mesin memang harus selalu diperhatikan karena meruapakan hal yang sangat penting. Perhatikan tanda berikut

Jika tanda ini menyala berati mesin anda terlalu panas. Dan hal ini bisa membuat mesin mati. Yang harus anda lakukan adalah matikan AC, radio, serta sistem lainnya. Di samping itu sebagai penanda di lampu ini juga terdapat jarum yang akan menunjukan pada garis merah atau H. dengan demikian mesin kamu dapat mengatur dan menjaga suhu mesin secara optimal. Warna kuning atau orange memiliki arti jika suhu mesin masih sedang.. Tapi bila indikatornya menunjukan warna merah berarti anda harus langsung waspada. Matikan mobil dan menepilah lalu telpon bantuan mekanik untuk memperbaikinya. Jika kamu ingin menambahkan cairan pendingin, jangan langsung membuka cairan radiator saat itu juga. Tunggu 30 menit hingga suhu radiator lebih dingin agar cairan panas serta uap tidak menyembur ke arah anda.

 

Lampu Indikator Aki

Aki merupakan salah satu elemen yang memiliki peranan penting pada sistem mobil. Jika tidak terjadi pengisian atau kondisi yang tidak normal maka seluruh sistem dengan tenaga listrik pada mobil tidak akan menyala. Selain lampu indikator temperatur di atas tadi ada juga lampu indikator aki. Jika tanda ini menyala artinya kondisi baterai atau aki mobil kamu ada masalah. Jenis kabel yang kurang bagus pun bisa menimbulkan kesalahan, aki yang sudah rusak atau alternator yang harus diperbaiki. Dan bila hal ini terjadi maka tidak ada cara lain selain mengganti komponen tersebut. Jadi segera bawa mobil kamu ke bengkel untuk diperiksa. Karna masalah pada aki mobil bisa mengakibatkan mobil mogok.

 

Lampu Indikator Bahan Bakar

Sistem kerja lampu ini yaitu memberikan tanda bahwa bahan bakar yang ada masih banyak atau sudah limit. Apabila lampu menyala pada gambar selang pengisian bahan bakar berarti bahan bakar sudah limit dan segeralah mengisi ulang bahan bakar di pom bensin terdekat di wilayah anda.

 

Lampu Indikator Oli

Kondisi oli mobil pun ternyata bisa diketahui melalui lampu indikator pada kendaraan. Sesuai pada simbol indikator jika indikator ini menyala maka artinya mesin sedang kekurangan oli. Hal ini bisa membuat mesin cepat rusak dan membuat kinerja mobil semakin kurang optimal. Jadi anda hanya perlu menambahkan oli saja. Jika sudah menambahkan oli tapi lampu indikator tetap menyala maka segera hubungi mekanik. Selain itu lampu indikator oli juga bertujuan agar kamu mengetahui jika oli yang kamu pakai masih baik digunakan atau sudah waktunya ganti.

 

Lampu Indikator Airbag

Hanya mobil yang sudah memiliki fasilitas airbag yang memiliki lampu indicator airbag. Symbol berupa tulisan SRS atau symbol orang pada posisi duduk yang memangku bulatan seperti itu berarti mobil kamu sudah dilengkapi dengan airbag. Fungsi dari airbag adalah untuk melindungi penumpang mobil ketika terjadi tabrakan. Lampu ini berguna sebagai penanda bahwa fitur keselamatan airbag pada mobil masih berada pada kondisi yang prima. Namun apabila terjadi kerusakan atau gangguan pada fitur tersebut lampu indikator airbag akan menyala sebagai penandanya.

 

Lampu Indikator Check Engine

Salah satu lampu indikator mobil yang paling krusial malfuncsion indicator lamp atau sering disebut lampu check engine. Tanda ini sebenarnya menunjukan beragam hal yang menjadi sumber masalah pada mobil. Bisa jadi karna penutup bensin yang tak cukup erat.  Atau bisa karna ada komponen mesin yang butuh diganti.

Saat kamu hendak memutar kunci ke posisi on, maka lampu indikator ini akan menyala. Setelah kamu menstarter mesin maka lampu indikator ini akan mati. Namun jika mesin sudah menyala tapi lampu indikator check engine juga masih menyala itu berarti ada masalah pada mesin mobil yang harus di cek ke tempat service untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut.

 

Lampu Indikator Tekanan Ban

Selanjutnya adalah lampu indikator tekanan ban. Apabila terdapat salah satu  atau beberapa ban yang tekanannya kurang maka lampu indicator ini akan menyala sebagai tanda. Jika kurang, maka bisa berakibat pada borosnya penggunaan bahan bakar hingga menyebabkan kecelakaan akibat ban terselip di jalanan yang basah.

Jika hal itu terjadi segeralah pergi ke SPBU atau kembali ke rumah. Tapi harus diingat ban yang kempes bila digunakan terlalu jauh atau terlalu cepat akan rusak secara permanen. jadi rajin-rajinlah mengecek tekanan ban pada mobil anda.

 

Itulah beberapa yang pengendara mobil wajib tahu sepuluh tanda lampu indikator. Mejaga mobil agar tetap pada kondisi yang stabil merupakan suatu kewajiban bagi pengendara. Karna itu ingatlah untuk selalu melakukan servis secara berkala. Dengan lampu indikator yang membantu kamu untuk mengenali kondisi mobil secara detail.

 

Whatsapp

Scuto

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Scroll to Top