MOBIL BEKAS BANJIR ! WASPADAI CIRINYA!

Mobil Bekas Banjir – Beberapa waktu ini Indonesia mengalami musim penghujan yang panjang. Sudah tidak asing lagi bagi warga tanah air banjir yang menggenangi berbagai kota dan pemukiman warga. Rumah-rumah yang bahkan hanya tampak atap nya saja karna bagian bawah yang sudah tak terlihat karna luapan air yang mencapai puncak. Begitupun nasib kendaraan-kendaraan warga sekitar. Tidak hanya motor, mobil pun ikut terendam saat banjir melanda. Mungkin untuk motor yang tidak memiliki bagian kabin untuk air tergenang tidak terlalu bermasalah. Beda hal nya dengan mobil, harus teliti mengecek segala sudut yang mungkin telah rusak karna genangan air yang dapat berakibat fatal pada performa kendaraan. Dan untuk anda yang akan membeli mobil bekas, ada baiknya cek ulasan berikut tentang ciri mobil bekas banjir yang wajib diketahui.

Mobil terendam banjir
Mobil terendam banjir

 

 

Lokasi Asal Mobil

Satu hal yang paling mendasar untuk mengetahui apakah mobil yang akan anda beli pernah terendam banjir atau tidak. Yaitu cobalah untuk mengorek informasi dari STNK dengan melihat data alamat pemilik sebelumnya. Hal tersebut akan mempermudah bagi anda untuk mencari tahu daerah tempat tinggal sang pemilik terdahulu. Apakah daerahnya merupakan salah satu lokasi rawan banjir atau tidak. Memang tidak semua mobil di daerah rawan banjir akan terendam. Namun setidaknya tindakan semacam ini bisa jadi pertimbangan yang cukup penting untuk anda.

 

Aroma Tidak Sedap

Aroma Tidak Sedap
Aroma Tidak Sedap

Selanjutnya masuklah ke area kabin mobil lalu perhatikan bau interior saat anda pertama kali masuk. Apakah tercium bau tidak sedap ? Jika iya maka kemungkinan mobil tersebut pernah terendam air  akibat banjir. Bau tak sedap ini muncul karna disebabkan oleh bagian yang basah dan susah dibersihkan secara tuntas. Namun anda juga harus berhati-hati, jangan sampai pemilik mobil sebelumnya menyemprotkan bau wangi berlebihan hasil dari penggunaan zat penghilang bau kabin ataupun bau pewangi ruangan kabin yang mampu menyamarkan bau yang tidak normal.

 

Terdapat Bekas Lumpur dan Air

Selain tanda bau tidak sedap di dalam kabin. Pengecekan yang harus anda lakukan yaitu pada bagian bagasi mobil hingga di balik karpetnya.

Membersihkan mobil bekas banjir memang bukanlah suatu hal yang mudah. Hal inilah yang sering kali ada beberapa tempat yang terlewatkan oleh penjual. Oleh karena itu kita harus jeli memperhatikan endapan kotoran atau lumpur yang terbawa banjir pada sudut maupun sela interior. Adapun tempat-tempat yang perlu anda perhatikan seperti lubang kisi-kisi AC, sudut panel dan kabel di belakang dashboard, penutup speaker, karet pintu, kabel-kabel, sela-sela dan rel jok mobil.

 

Kerusakan Elektronik

Seperti yang kita tahu semua alat elektronik sangatlah rentan terhadap masalah jika sudah terkena air. Tak terkecuali dengan komponen elektrik pada mobil. Untuk itu periksa setiap fungsi perangkat elektronik. Seperti lampu, audio, AC, wifer dan perangkat elektronik lainnya. Kemudian pastikan semuanya berfungsi dengan normal. Jangan lupa juga untuk memperhatikan bekas uap air seperti embun yang menempel pada kaca dalam lampu. Baik itu di depan maupun di belakang.

Pastikan lampu indikator elektrik power stering pada dashboard tidak menyala. Sebab komponen elektrik inilah yang sering rusak pada mobil bekas banjir.

 

Kerusakan Fisik Mobil

Kondisi Fisik Mobil Karat
Kondisi Fisik Mobil Karat

Muncul karat akibat korosi menjadi salah satu ciri paling nampak pada mobil  bekas. Cobalah mencari tanda-tanda bekas banjir seperti karat dan noda pada fisik kendaraan. Saat kamu mengecek bagian eksteriornya pastikan tidak ada karat pada body dan kolong. Sementara saat anda mengecek bagian interiornya ada beberapa bagian yang perlu diperiksa salah satunya adalah karat pada jok mobil dan pedal.

 

Warna Oli Berubah

Pada mobil bekas yang pernah terendam banjir otomatis oli di dalam mesin tersebut akan tercampur dengan air.  Oli yang sudah bercampur air akan memiliki warna yang cenderung putih layaknya susu, dan akan nampak pula karat pada bagian-bagian body serta mesin. Suara mesin mobil pun menjadi salah satu indicator untuk mengetahui mobil yang pernah terendam banjir. Karena pada mobil yang belum sempat diperbaiki pasca terendam banjir akan lebih kasar dan keras suara mesin yang ditimbulkan jauh berbeda dari suara mesin mobil normal pada umumnya.

Kabel Dashboard

Ternyata warna kabel yang ada di dashboard yang pernah terendam banjir umumnya juga akan memiliki warna yang berbeda dari warna asli sebelum mobil terendam banjir. Meski terdengar sepele tapi sebenarnya hal ini adalah hal yang wajib anda ketahui. Jangan sampai anda malah terjebak dalam memilih kendaraan yang nantinya akan menjadi milik anda.

 

Harga Murah

Inilah yang juga bisa menjadi pertimbangan anda untuk mengetahui apakah mobil yang ingin anda beli pernah terendam banjir atau tidak. Jadi, jangan senang dulu dengan harga mobil bekas yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Karna bisa jadi mobil tersebut adalah mobil bekas banjir. Untuk itu anda bisa memeriksa ke beberapa penjual mobil bekas mengenai harga dari jenis dan merk mobil yang akan anda beli. Selain itu perhatikan juga riwayat mobil tersebut yang seharusnya dilengkapi dengan riwayat mobil dari perawatan secara berkala dan mungkin juga memiliki riwayat klaim asuransi.

 

Itulah beberapa ciri-ciri mobil bekas banjir yang wajib anda ketahui. Semoga bisa menjadi acuan kamu saat ingin membeli mobil bekas agar anda tidak merasa rugi dan menyesal di kemudian hari .

 

Scuto

Whatsapp

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

MOBIL BEKAS BANJIR ! WASPADAI CIRINYA!

Mobil Bekas Banjir – Beberapa waktu ini Indonesia mengalami musim penghujan yang panjang. Sudah tidak asing lagi bagi warga tanah air banjir yang menggenangi berbagai kota dan pemukiman warga. Rumah-rumah yang bahkan hanya tampak atap nya saja karna bagian bawah yang sudah tak terlihat karna luapan air yang mencapai puncak. Begitupun nasib kendaraan-kendaraan warga sekitar.

Lampu Indikator Mobil Yang Pantang Diabaikan !

Lampu Indikator Mobil – Hampir semua mobil canggih sudah dilengkapi dengan lampu-lampu indikator. Jika adanya kerusakan pada sistem kendaraan yang kita gunakan lampu indikator akan memberikan tanda. Terletak pada panel instrumen yang bersanding bersama speedometer beserta tachometer lampu-lampu indikator ini biasanya  menyatu. Dan mungkin beberapa orang juga masih bingung dengan arti symbol tersebut.. Seperti apa

Pencegahan Virus Corona Fogging Mobil Anda !

Pencegahan Virus Corona – Tahun 2020 dunia digemparkan dengan wabah virus corona. Virus yang berasal dari negeri tirai bamboo dalam sekejap menyebar ke segala penjuru dunia. Di Indonesia sendiri sampai saat ini (17/3) sudah ada lebih dari 170 kasus. Cara seperti apa yang harus kita lakukan sebagai usaha pencegahan virus corona yang dapat menyebabkan kematian

Mitos Mobil Warga +62 ? Nggak Masuk Akal

Mitos Mobil – Saat ini sudah banyak orang yang dapat mengendarai mobil. Tapi sebagian orang saja yang benar-benar sudah memahami tentang kendaraan roda empat itu. Dan parahnya, kelompok orang-orang yang sebenarnya belum paham ini malah menyebabkan banyak orang salah menilai dan percaya, serta berubah menjadi mitos-mitos mobil yang belum pasti kebenarannya. Kesalahpahamanlah yang akhirnya tercipta

Mobil Listrik Vs Mobil BBM Lebih Irit Mana ?

Di tahun 2020 ini masyarakat tanah air mulai marak membahas tentang mobil bertenaga listrik. Yang menaruh harapan besar mampu menggantikan posisi mobil berbahan bakar minyak atau BBM serta meminimalisir dampak polusi udara yang semakin parah kian harinya. Sayangnya harga yang lebih mahal mejadi bahan pertimbangan kembali karna memberatkan. Masih ingin tahu lebih perbandingan antara mobil

Scroll to Top