Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Coating Mobil

Kelebihan serta kekurangan coating mobil- Banyak dari pemilik mobil yang tiba ke tempat kami buat konsultasi yang hanya menanyakan,“ Perlukah Coating mobil?” Jawabannya adalah iya sangat butuh. Kenapa begitu?, sebab dalam beberapa permasalahan, pemilik mobil masih banyak belum memahami fungsi coating mobil secara detail.

SEBELUM MENGETAHUI KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN COATING MOBIL, SIMAK DULU PENGERTIAN DARI COATING

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Coating Mobil
Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Coating Mobil

Coating mobil ialah proteksi lebih pada permukaan bodi mobil agar tidak berubah warna yang umumnya terjadi karena perubahan suhu, Sinar Ultraviolet berlebih, Polusi, dan Zat lainnya yang dapat merusak seperti “kotoran Burung” dengan cara membersihkan lapisan tambahan. Selain itu coating mobil telah dibuktikan sebagai proteksi sangat ampuh di area sangat ekstrim sekali pun dan merupakan paint protection yang terbaik saat ini dalam melindungi cat dan bodi luar mobil.

Pada umumnya, ada 3 jenis coating mobil yang banyak tersebar dipasaran yaitu Wax, Polymer, Nano Ceramic. Diantara ke 3 jenis tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Wax (Lebih murah tapi daya tahan 1-2 bulan), Polymer (Harga Sedang, Ketahanan 3-6Bulan), Nano Ceramic (Harga Lumayan Mahal, Ketahanan lebih dari 2 Tahun).

Dan dari ketiga jenis tersebut memiliki efek kilap yang berbeda dan tentunya sesuai dengan harganya, nano ceramic lah yang paling mengkilap dan memiliki kualitas terbaik.

Kelebihan coating mobil

Dari sebagian uraian di atas, terdapat sebagian hal menarik yang dapat Anda ikuti buat di informasikan terkait manfaat Coating mobil. Namun supaya lebih jelas lagi, scuto kelapa gading akan merangkumnya di bawah ini:

  • Meminimalisir terbentuknya goresan ataupun baret pada mobil
  • Eksterior mobil jadi lebih mengkilap, terlihat selalu baru
  • Resistensi terhadap barang- barang kimia
  • Mempunyai efek Water Repellent dan meminimalisir kerak air serta jamur
  • Meminimalisir pudarnya cat mobil akibat cahaya UV
  • Efeknya bertahan sampai 3 tahun lebih, berbeda dengan Waxing mobil yang cuma bertahan paling lama 3 Bulan

KEKURANGAN COATING MOBIL

Dari banyaknya kelebihan yang kami paparkan diatas, berikut ini kami jelaskan juga kekurangan yang bisa jadi Anda dapat ikuti. Sehingga jadi bekal buat Anda apabila mau memasang coating pada mobil kesayangan Anda.

Pengaplikasian coating ini sangat sulit dan memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Oleh karenanya coating mobil sendiri terdiri dari beberapa langkah yang saling berkaitan satu sama lain. Selain itu harus ada peralatan yang lengkap. Karena saat anda hendak melakukan coating anda harus memastikan kendaraan anda dalam keadaan yang benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran yang menempel di body mobil anda. Lebih lengkapnya anda dapat membaca artikel berikut.

CARA COATING MOBIL

Oleh karena itu pastikan coating hanya oleh tim yang benar-benar sudah ahli dalam melakukan hal tersebut. jangan karena ingin irit anda jadi keluar biaya 2x karena pengerjaan tidak dilakukan oleh profesional.

BERAPA RATA- RATA HARGA COATING MOBIL?

Mangulas masalah harga, bisa jadi mempunyai perbedaan di tiap detailer ataupun jenis kualitas produk. Namun Anda sudah tidak perlu takut, sebab biayanya sendiri berkisar Rp. 3 juta sampai Rp. 8 jutaan. Berarti untuk Anda ingat supaya senantiasa mendiskusikan terlebih dulu kepada salon mobil ataupun detailer pilihan Anda terkait permasalahan harga sampai kelebihan dari jenis produk yang Anda pilih.

-KLIK DISINI UNTUK HARGA COATING MOBIL ANDA-

Kesimpulan

Coating mobil ialah proteksi tambahan untuk mobil kesayangan Anda. Serta memberikan banyak manfaat mulai dari memberi tampilan mengkilap buat body mobil Anda sampai tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim yang dapat berpengaruh terhadap warna mobil. Terlepas dari kelebihannya proteksi dengan jenis ini pun memiliki kekurangan yaitu aplikasi yang sulit jika anda bukan orang yang berpengalaman dan tidak memiliki tools yang lengkap. Ada juga hal yang perlu jadi catatan buat Anda kalau anda hendak coating mobil yaitu anda wajib memperhatikan cara menjaga kebersihan mobil seperti cuci secara teratur. Anda menambahkan proteksi tambahan pada cat mobil bukan berarti anda bisa mengabaikan perawatan mobil anda agar kualitas coatingnya terjaga. Sekeras-kerasnya batu pun dapat rusak oleh tetesan air.

Jika anda tidak yakin mengaplikasikan proteksi tambahan ini ke mobil anda sendiri. Maka haruslah dipastikan bahwa anda sudah memilih penyedia jasa yang tepat.

SCUTO KELAPA GADING SATU-SATUNYA PLATINUM STORE DI JABODETABEK DAN YANG PERTAMA DI INDONESIA

APAKAH MOBIL YANG SUDAH TERCOATING MASIH PERLU PERAWATAN ?

 

Tentu saja perlu, walaupun mobil sudah terlapisi nano ceramic bukan berarti mobil tidak perlu perawatan. Sebaik dan semahal apapun nano ceramic yang anda gunakan jika tidak seimbang dengan perawatan harian tentunya dapat mengurangi daya kilapnya.

Berikut kami rangkum secara singkat perawatan harian yang disarankan agar mobil anda dapat selalu terlihat mengkilap:

– Cuci mobil secara berkala

Cuci Mobil

Cuci mobil secara berkala, jika mobil dipakai setiap hari disarankan dicuci paling lama seminggu sekali jika tidak hujan.

– Gunakan shampoo mobil

Shampoo Cuci

Saat mencuci mobil pastikan anda menggunakan shampoo mobil yang tepat. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan sembarang sabun atau kimia pembersih lainnya yang belum tentu tepat dengan lapisan coating yang nantinya malah akan merusak lapisan coating.

– Perhatikan cara pemilihan dan penggunaan lap

Lap Cuci Coating Mobil

Cara pemilihan dan pengunaan lap saat mencuci pun merupakan hal yang penting untuk diketahui. pilihlah lap yang halus seperti microfiber dan gunakan lap yang berbeda untuk bagian kaki-kaki, kaca, dan body mobil. Tujuannya adalah untuk mencegah baret halus yang dapat mengurangi ketahanan lapisan nano ceramic.

– Pemilihan Waktu Pencucian Mobil

coating mobil panas

saran pencucian mobil adalah siang hari/saat kondisi cuaca sedang terik. Kita melakukan hal tersebut karena khawatir saat kita mencuci akan ada sisa penguapan yang masih menempel di lapisan nano ceramic dan menimbulkan watermark pada lapisan tersebut.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Scroll to Top