Cara coating mobil, jangan sampai salah

Cara Coating Mobil, jangan sampai salah!

 

Cara Coating Mobil – Mobil itu terkadang adalah cerminan dari kepribadian pemiliknya. Mobil yang terlihat lusuh atau kurang terawat akan memberikan kesan kurang baik terhadap orang yang memiliknya. Namun jika mobil tampak baik kesan kepribadian pemiliknya pun otomatis akan menjadi baik. Jika anda hobi dalam merawat mobil, tentunya anda tidak bisa hanya berfokus pada mesin mobil saja. Tapi ada hal lain pula yang harus diperhatikan, yaitu melakukan perawatan body atau eksterior mobil. Eksterior mobil yang tampilannya keren akan menambah kenyamanan selama mengemudi. Dan tentunya sudah pasti dapat menambah rasa percaya diri anda.

Cara Coating mobil
cara coating mobil

Merawat body mobil bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Mencuci mobil minimal satu kali dalam seminggu, pergi ke salon mobil atau seperti trend yang saat ini sedang digandrungi masyarakat kekinian yaitu dengan menggunakan coating mobil.

Pernah dengar yang namanya coating mobil? Saat ini di indonesia sendiri sedang sangat populer tentang coating mobil. Coating mobil adalah memberikan sebuah lapisan tambahan pada permukaan clear coat cat mobil. Lapisan coating ini akan membuat tampilan mobil anda selalu mengkilap, tidak kusam dan enak dipandang. Ceramic coating adalah sebuah produk berbahan silica atau SiO2 berfungsi sebagai perlindungan cat mobil secara permanen. Melindungi cat mobil dari jamur dan baret-baret halus yang timbul setelah proses pencucian atau spiderweb.

Nano Ceramic coating ini menumbuhkan warna mobil kembali sehingga tetap terlihat kinclong dan menawan secara permanen tanpa perlu melakukan perawatan yang berkala. Banyak masyarakat yang bertanya-tanya apa sih bedanya coating dan polisihing ? Ceramic coating berbeda dengan polishing. Karna polishing adalah bagian dari proses ceramic coating itu sendiri. Polishing berfungsi untuk mengembalikan warna dan kemulusan cat mobil. Setelah proses polishing barulah proses selanjutnya melapisi nano ceramic coating sebagai perlindungan. Jadi jika untuk mobil baru yang belum ada baret atau jamur (sehingga tidak dibutuhkan proses polishing) sebaiknya langsung dilapisi nano ceramic coating sabagai perlindungan. Yang paling utama coating mempermudah kita dalam merawat eksterior mobil.

Nano Ceramic

Material coating yang saat ini digunakan memilki beberapa jenis. Hal tersebut dilihat dari jenis cairan coating dan juga seberapa keras dan tebal lapisan coating yang diaplikasikan. Contoh yang paling banyak kita jumpai adalah polymer coating dan nano ceramic coating. Perbedaan yang paling mendasar adalah polymer tidak permanen sedangkan nano ceramic permanen.

Untuk proses coating (pelapisan) sendiri ada beberapa langkah yang perlu dikerjakan dan hal tersebut tergantung dari material coating yang dipakai:

1. WASHING

Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah mencuci mobil. Membersihkan mobil ini dilakukan untuk mengangkat debu dan kotoran yang masih menempel pada body mobil anda. anda harus menguasai bagaimana cara mencuci yang baik dan benar agar hasil nya dapat maksimal saat di coating. Karna jika cara yang anda lakukan salah malah bisa menimbulkan baret halus. Atau salah dalam pemilihan sabun akan menghilangkan perlindungan pada permukaan cat. Beberapa kesalahan dalam mencuci mobil adalah sebagai berikut :

– Mengelap mobil langsung dengan kanebo yang hanya dibasahi tanpa dicuci dahulu.

– memilih sabun yang salah, seperti sabun colek untuk membersihkan permukaan body, karna hanya akan merusak perlindungan cat pada body mobil

– melakukan pengelapan setelah pencucian menggunakan kanebo. Disarankan kanebo hanya digunakan untuk mengelap atau mengeringkan bagian kaki-kaki saja. Untuk bagian body atau kaca mobil sebaiknya menggunakan lap microfiber towel khusus drying

– mengaplikasikan sabun pada body yang biasa dilakukan dengan sponge sebetulnya kurang tepat. Karna saat sponge bergesekan dengan debu pada body mobil sponge tidak dapat melindungi body mobil. Gunakanlah wash mitt, yang memang dikhususkan untuk mencuci body mobil.

– jangan pernah mencuci mobil di bawah terik matahari langsung. Karena panas matahari akan membuat sabun cepat mengering dan malah menyebabkan noda bercak.

2. WATERMARK REMOVER

Melakukan Proses pengangkatan watermark (bercak) karena residu dan oksidasi yang tersisa pada permukaan body mobil yang tidak bisa hilang hanya dengan mencuci. karena hal ini lah sebaiknya coating dilakukan di salon mobil profesional agar tidak ada lagi watermark yang tersisa pada body mobil.

3. POLISHING

Polishing adalah step menggunakan mesin polish, step ini berfungsi untuk mengoreksi baretan-baretan halus dan memunculkan karakter dari warna asli kendaraan anda yang selama ini mungkin tertutup oleh residu-residu yang masih ada (tertinggal) di pori-pori cat mobil anda. Sehingga memaksimalkan penampilan luar cat body mobil. Namun hasil polishing akan hilang atau kusam kembali dalam waktu singkat jika tanpa adanya perlindungan terakhir dari coating. Step polishing ini adalah step yang paling beresiko karena jika tidak dilakukan oleh profesional justru dapat merusak cat mobil anda.

4. DETAILING

Step ini merupakan step terakhir sebelum proses coating, proses ini adalah proses dimana anda harus membersihkan selah-selah exterior kendaraan anda (Emblem, handle pintu, dsb) yang tidak bisa dijangkau oleh mesin polish. Proses detailing ini akan membuat detail mobil kembali pada tampilan dan fungsi maksimalnya . sehingga terasa seperti kembali menjadi kondisi baru.

5. COATING

Coating (Pelapisan) adalah prosesi inti dari setiap step yang tadi sudah dijelaskan. dalam proses ini kita membalurkan cairan coating ke seluruh lapisan yang akan kita coating secara merata. Cara pengaplikasiannya menggunakan aplikator khusus berbentuk busa yang dilapisi kain suede. Cairan coating diteteskan pada aplikator berlapis suede tersebut lalu aplikasikan pada body mobil. Yang terpenting pada step ini sangat dianjurkan dilakukan di ruangan tertutup dan tidak berdebu. Terdapat single layer atau double layer. Jumlah layer belum tentu menghasilkan hasil yang maksimal tapi kualitas cairan coating lah yang lebih menentukan. Double layer coating menggunakan cairan coating murah hasilnya akan kalah dengan single coating dengan cairan coating kualitas premium yang lebih mahal.

Nah, kurang lebih seperti itu proses inti dari proses coating mobil.Catatan penting Coating mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Tapi sangat dianjurkan dilakukan oleh professional yang sudah berpengalaman.

jangan sampai karena hanya ingin irit hasilnya malah tidak maksimal atau kendaraan kita malah jadi rusak karena ada salah dalam melakukan step by stepnya. Bukan kilau yang di dapat tapi sebuah penyesalan yang terjadi. Mobil kesayangan haruslah mendapat perlakuan terbaik sehingga mendapatkan hasil yang terbaik pula.

MANFAAT NANO CERAMIC COATING MOBIL

sebelum kita mengaplikasikan semua step diatas kita pun harus tau manfaat dari coating mobil secara lebih jauh, jangan sampai anda membeli barang yang belum anda tau manfaatnya. berikut penjelasan secara singkat mengenai manfaat/fungsi dari nano ceramic coating:

1. CARA COATING MOBIL YANG BENAR MEMBUAT MOBIL MENGKILAP PERMANEN

Sebagian besar kendaraan yang belum di coating nano ceramic tidak akan benar-benar mengkilap walaupun anda sering mencucinya. sebetulnya hal tersebut dikarenakan cat mobil kesayangan anda masih memiliki pori-pori pada bagian permukaannya . sehingga kotoran-kotoran masih dapat masuk dan bersarang ke celah-celah pori-pori tersebut. Kotoran-kotoran tersebut sebetulnya disebabkan oleh beberapa penyebab, diantaranya zat mineral dalam air saat anda mencuci atau dari kotoran yang terbawa melalui udara seperti partikel-partikel debu.

namun anda tak perlu khawatir karena setelah anda mengaplikasikan nano ceramic coating pada kendaraan kesayangan anda, kotoran-kotoran tersebut tidak akan masuk ke pori-pori kendaraan anda. hal tersebut dikarenakan kendaraan yang telah dicoating sudah tidak berpori. Hal inilah yang membuat mobil yang telah di coating lebih mudah dibersihkan karna memiliki sifat hydrophobic atau seperti efek daun talas.

Cara Coating Mobil – Baca Juga : Coating Mobil Nano Ceramic

 

2. MENAHAN GORESAN HALUS

Setelah mobil anda teraplikasi coating nano ceramic berarti mobil anda memiliki lapisan pelindung tambahan di atas permukaan cat body. Jika diilustrasikan sama halnya seperti kertas yang sudah di laminating. Kertas pun akan terproteksi seutuhnya setelah dilaminating. Pada saat terkena goresan halus maka bagian pertama yang terkena goresan tersebut adalah plastik laminatingnya terlebih dahulu sebelum mengenai bagian kertasnya sendiri. Bahkan bagian kertasnya malah tidak akan dapat terjamah sedikit pun.
Hal tersebut juga sama halnya dengan mobil yang sudah teraplikasi nano ceramic coating jika cara coating mobil nya benar. Sehingga mobil memiliki lapisan baru diatas lapisan clear coat bawaan sehingga yang terkena goresan terlebih dahulu adalah lapisan coatingnya. Dan goresan pada lapisan coating ini jauh lebih mudah penanganannya. Karena manfaatnya sama seperti laminating kertas maka dari itu banyak juga yang mengartikan coating sama dengan laminating (melapisi).

3. PERAWATAN CAT JADI LEBIH MUDAH

Jika mobil anda sudah teraplikasi nano ceramic coating berarti body mobil anda menjadi lebih halus karena tidak berpori. Sehingga mineral air atau partikel-partikel yang menyebabkan water spot tidak akan mudah terbentuk karena biasanya kotoran dan partikel penyebab waterspot tersebut muncul karena partikel tersebut masuk ke dalam pori-pori cat kendaraan. akan tetapi jika kendaraan anda sudah teraplikasi nano ceramic coating anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

4. MELINDUNGI CAT KARNA MEMBERIKAN LAPISAN TAMBAHAN

Cat yang sudah terlapisi sempurna akan menampilkan warna yang tidak akan pernah kusam walau dicuci berkali-kali. Kilau dan pesonanya akan bertahan dalam waktu yang sangat lama. Sehingga menciptakan nuansa berkendara yang penuh rasa percaya diri. Karna seperti mengendarai kendaraan baru.

5. MENCIPTAKAN KENYAMANAN LEBIH DALAM BERKENDARA

Baret – baret halus, spider web, noda-noda bercak, cat kusam sudah tidak lagi jadi beban pikiran. Mengendarai mobil yang telah dicoating bagaikan mengendarai kendaraan yang

sudah terproteksi sepenuhnya. Tak perlu takut dengan baret ringan akibat gesekan dengan dinding garasi atau kendaraan lain yang menyenggol saat berkendara di jalan raya. Karena coating melindungi body mobil anda. Berkendara hanya akan ada rasa nyaman dan percaya diri yang lebih karena perlindungan coating. Buang jauh-jauh rasa khawatir dan was-was .

Bagaimana apa anda tertarik untuk coating kendaraan kesayangan anda? Sulit untuk tidak tertarik bukan? Untuk biaya coating di salon mobil biasanya kisaran antara Rp 4.000.000 sampai Rp 10.000.000, harga termahal biasanya dikenakan untuk luxury car atau sport car. Pengerjaan coating pada luxury car atau sport car pada dasarnya sama saja tidak ada sesuatu yang berbeda. Hanya saja resiko saat pengerjaannya yang lebih besar sehingga harus adanya jaminan juga. itulah yang menyebabkan harga luxury dan spot car lebih mahal dari biaya coating mobil biasa. Jika anda sudah mencoba coating pada salah satu kendaraan anda pasti anda akan tahu manfaatnya yang begitu berguna dalam segi penampilan atau pun perlindungan body mobil. Sehingga tertarik untuk mengcoating kendaraan-kendaraan anda yang lainnya. Semoga informasi ini berguna bagi anda.

Whatsapp

Scuto Kelapa Gading

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

MOBIL BEKAS BANJIR ! WASPADAI CIRINYA!

Mobil Bekas Banjir – Beberapa waktu ini Indonesia mengalami musim penghujan yang panjang. Sudah tidak asing lagi bagi warga tanah air banjir yang menggenangi berbagai kota dan pemukiman warga. Rumah-rumah yang bahkan hanya tampak atap nya saja karna bagian bawah yang sudah tak terlihat karna luapan air yang mencapai puncak. Begitupun nasib kendaraan-kendaraan warga sekitar.

Lampu Indikator Mobil Yang Pantang Diabaikan !

Lampu Indikator Mobil – Hampir semua mobil canggih sudah dilengkapi dengan lampu-lampu indikator. Jika adanya kerusakan pada sistem kendaraan yang kita gunakan lampu indikator akan memberikan tanda. Terletak pada panel instrumen yang bersanding bersama speedometer beserta tachometer lampu-lampu indikator ini biasanya  menyatu. Dan mungkin beberapa orang juga masih bingung dengan arti symbol tersebut.. Seperti apa

Pencegahan Virus Corona Fogging Mobil Anda !

Pencegahan Virus Corona – Tahun 2020 dunia digemparkan dengan wabah virus corona. Virus yang berasal dari negeri tirai bamboo dalam sekejap menyebar ke segala penjuru dunia. Di Indonesia sendiri sampai saat ini (17/3) sudah ada lebih dari 170 kasus. Cara seperti apa yang harus kita lakukan sebagai usaha pencegahan virus corona yang dapat menyebabkan kematian

Mitos Mobil Warga +62 ? Nggak Masuk Akal

Mitos Mobil – Saat ini sudah banyak orang yang dapat mengendarai mobil. Tapi sebagian orang saja yang benar-benar sudah memahami tentang kendaraan roda empat itu. Dan parahnya, kelompok orang-orang yang sebenarnya belum paham ini malah menyebabkan banyak orang salah menilai dan percaya, serta berubah menjadi mitos-mitos mobil yang belum pasti kebenarannya. Kesalahpahamanlah yang akhirnya tercipta

Mobil Listrik Vs Mobil BBM Lebih Irit Mana ?

Di tahun 2020 ini masyarakat tanah air mulai marak membahas tentang mobil bertenaga listrik. Yang menaruh harapan besar mampu menggantikan posisi mobil berbahan bakar minyak atau BBM serta meminimalisir dampak polusi udara yang semakin parah kian harinya. Sayangnya harga yang lebih mahal mejadi bahan pertimbangan kembali karna memberatkan. Masih ingin tahu lebih perbandingan antara mobil

Scroll to Top