Mobil Listrik Vs Mobil BBM Lebih Irit Mana ?

Di tahun 2020 ini masyarakat tanah air mulai marak membahas tentang mobil bertenaga listrik. Yang menaruh harapan besar mampu menggantikan posisi mobil berbahan bakar minyak atau BBM serta meminimalisir dampak polusi udara yang semakin parah kian harinya. Sayangnya harga yang lebih mahal mejadi bahan pertimbangan kembali karna memberatkan. Masih ingin tahu lebih perbandingan antara mobil listrik dan mobil BBM. Berikut beberapa rangkumannnya agar anda tidak bingung lagi.

Cara Kerja

cara kerj amobil listrik
sistem cara kerja mobil listrik

Mesin pada mobil berbahan BBM menghasilkan tenaga dari proses pembakaran campuran udara dan dari bahan bakar yang tejadi di ruang bakar atau komposion chamber. Dijelaskan Gridoto proses pembakaran ini melibatkan banyak komponen seperti busi dan sistem pelumasan dan pendinginan.

Pembakaran yang terjadi ini menggerakan piston secara linear atau naik turun yang kemudian di konversi mejadi gerakan memutar. Transmisi digunakan untuk mentransfer perputaran kruk sementara pada mobil listrik proses menghasilkan tenaga gerak ini jauh lebih sederhana.

Listrik DC dari baterai diubah dulu menjadi AC3 fase oleh inverter. Listrik ac3 fase ini kemudian digunakan untuk menggerakan motor listrik atau induksion motor untuk memutar roda mobil listrik.

Torsi dan Daya yang Dihasilkan

Mobil Listrik Imut
Mobil Listrik Imut dengan Torsi 300 Nm

Untuk efisiensi dan daya yang dapat dihasilkan motor listrik tidak membutuhkan transmisi yang kompleks. Dan kecepatan dapat langsung dikontrol dari motor sedangkan dengan mobil BBM mesin pembakaran dalam tidak dapat dioperasikan melebihi rentang kecepatan tertentu. Dibutuhkan mekanisme transmisi yang kompleks untuk mengontrol kecepatannya.

Selain itu menurut Idntimes mobil listrik juga menghasilkan torsi yang besar meski pun baru dihidupkan karena responnya yang cepat dan seketika. Sedangkan dengan mesin pembakaran dalam akan kesusahan akan RPM yang rendah. Untuk mendapatkan RPM yang optimal dan maksimal saat diaktifkan dibutuhkanlah Motor DC.

Jarak Tempuh

Jarak tempuh
Cooper SE Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh 270 km

Dilansir Liputan6 mobil listrik dilansir memiliki jarak tempuh yang terbatas. Sesuai dengan kapasitas baterai yang dipakainya. Nah, jika memakai mobl listrik yang cukup mahal seperti Tesla, bisa saja dipakai jarak jauh. Tapi tak semua merk mobil bisa memberikan penawaran tersebut

Pengemasan Energi dan Dampaknya

Mobil Listrik Toyota
Mobil Toyota yang Lebih Mungil dari ” Micro Car”

Pada kendaraan roda empat berbahan bakar minyak begitu besar kepadatan energinya menjadikan tangki besar tidak diperlukan. Sedangkan pada mobil listrik baterai lithium ion ini tidak memilki kepadatan energi sebesar itu. Dan menyebabkan tempat penyimpanan baterai sangatlah besar. Dikutip Indtimes baterai ini tersimpan pada bagian dasar mobil dan tesebar rata. Menyebabkan bobot mobil menjadi berat. Bobot mobil yang berat ini menyebabkan koovesion gesek mobil dengan aspal dapat berkurang. Namun di sisi lain dapat menciptakan kestabilan yang lebih karna peletakannya yang cukup rendah mendekati titik gravitasi.

Pada kemasan baterai juga terdapat masalah yaitu menghasilkan panas yang cukup besar. Sehingga dibutuhkan pendingin liquid.

Stasiun Pengisian

Isi Ulang
Proses Pengisian Tenaga Listrik

Jika dibandingkan stasiun pengisian SPBU Pertamina menurut situs Kumparan hingga maret 2018 telah berjumlah 7.455 stasiun. Sementara SPLU memiliki rasio perbandingan dengan SPBU adalah sekitar 1000 : 1. Itu artinya keberadaan charging stasiun yang sangat jarang itu membuat mobil listrik juga tidak bisa dikendarai ke sembarang tempat. Apalagi untuk perjalanan jauh, bisa-bisa mogok ditengah jalan.

Sementara itu dikutif Detik.com, PLN baru merencakan pengadaan stasiun pengisian daya listrik di 1000 titik di seluruh Indonesia. Jika ini berjalan sesuai rencana maka perbandingannya adalah 1 SPLU berbanding 7 untuk SPBU.

Lebih Hemat Mana?

Manajer niaga dan pelayanan pelanggan PLN distribusi Jakarta raya Leo Basuki mengatakan via Detik.com menuturkan  rata-rata untuk menempuh jarak 100 km mobil listrik membutuhkan listrik sekitar 20 kwh dengan biaya Rp 1.647/kwh. Artinya pengendara mobil listrik hanya mengeluarkan Rp 32.940 untuk menempuh Jakarta Purwakarta. Sedangkan pada mobil BBM itu berbeda, dengan rata-rata harga bensin Rp 7.500 per liternya merogoh kocek lebih dari Rp 50.000 pada jarak tempuh yang sama.

Selain itu mobil berbahan bakar minyak lebih boros karena pada saat macet mesin akan terus melakukan pembakaran dan menghabiskan bahan bakar. Namun mobil berbahan bakar listrik tidak mengalami hal itu.

Waktu Pengisian

Stasiun Penigisian
Salah Satu Stasiun Pengisian di Norwegia

Untuk mengisi baterai mobil secara penuh bisa membutuhkan waktu hingga 8 jam. Apalagi jika memakai charger lever 1 atau level 2. Meski begitu menurut Liputan6 sistem pengisian daya cepat sebenarnya ada. Biasanya yang ditawarkan selama 30 menit untuk mengisi 80% daya baterai. Tetapi tetap saja itu tidak penuh dan hal ini masih menjadi hal yang tidak bisa dikompromikan untuk sebagian orang.

Sementara untuk mobil BBM dalam kondisi normal kalian hanya perlu beberapa menit untuk antri dan mengisi BBM di SPBU.

Dampak lingkungan

Untuk dampak lingkungan bisa dibilang mobil listrik lebih unggul. Ditulis situs Kumparan emisi gas buang mobil BBM mengandung hidrokarbon dan karbon monoksida yang dampaknya cukup buruk terhadap udara. Kabar baiknya dengan beralih menggunakan motor listrik kalian bisa membantu mengurangi emisi karbon di bumi melalui sektor transportasi.

Nah, tidak hanya membantu mengurangi polusi udara mobil listrik juga bisa membantu menurunkan polusi suara. Jika dibandingkan dengan mobil bensin, yang ketika dijalankan mengeluarkan suara mesin umumnya mobil listrik tidak mengeluarkan suara saat melaju.

Perbedaan Harga

Dalam peraturan presiden (perpres) no 55 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik atau KBL. Berbasis baterai untuk transportasi jalan tercantum berbagai insentif viskal maupun non viskal yang ditujukan pada mobil bertenaga listrik. Dikutip Kompas.com insentif viskal tersebut seperti insentif bea masuk impor, insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM), insentif pembiayaan impor ekspor, hingga insentif superdeduction tax untuk kegiatan fokasi dan penelitian di industri kendaraan listrik berbasis baterai. Jika tanpa insentif harga mobil listrik memang lebih mahal hampir 50% dibanding mobil konvensional. Namun dengan adanya insentif maka harga mobil mobil listrik mungkin sedikit lebih mahal.

Biaya Baterai

Baterai Listrik
Letak Posisi Baterai

Memang saat mengisi baterai daya yang diserap mungkin tidak mebuat rekening listrik di rumah membengkak. Tapi menurut Lipuan6 bukan berarti pemiliknya bisa benar-benar berhemat. Paket baterai contohya saat akhirnya harus diganti sangat mahal harganya. Sebab baterai Tesla model 3 misalnya memiliki harga us 190 per kwh, sedangkan baterai chevrolet bold kira-kira memilki harga us 205 per kwh. Total jika mengganti baterai butuh biaya sekitar us 12 .000 hingga us 20.000 atau sekitar Rp 170 jutaan hingga Rp 284 juta. Tapi tergantung jenis mobilnya ya.

Semoga beberapa perbandingan tadi bisa membuat anda tahu keunggulan dan kekurangan setiap mobil . Sehingga bisa lebih bijak memutuskan apakah mobil terbaru di garasi rumah kalian masih memilih mobil BBM atau beralih ke mobil listrik.

 

Scuto

Whatsapp

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

MOBIL BEKAS BANJIR ! WASPADAI CIRINYA!

Mobil Bekas Banjir – Beberapa waktu ini Indonesia mengalami musim penghujan yang panjang. Sudah tidak asing lagi bagi warga tanah air banjir yang menggenangi berbagai kota dan pemukiman warga. Rumah-rumah yang bahkan hanya tampak atap nya saja karna bagian bawah yang sudah tak terlihat karna luapan air yang mencapai puncak. Begitupun nasib kendaraan-kendaraan warga sekitar.

Lampu Indikator Mobil Yang Pantang Diabaikan !

Lampu Indikator Mobil РHampir semua mobil canggih sudah dilengkapi dengan lampu-lampu indikator. Jika adanya kerusakan pada sistem kendaraan yang kita gunakan lampu indikator akan memberikan tanda. Terletak pada panel instrumen yang bersanding bersama speedometer beserta tachometer lampu-lampu indikator ini biasanya  menyatu. Dan mungkin beberapa orang juga masih bingung dengan arti symbol tersebut.. Seperti apa

Pencegahan Virus Corona Fogging Mobil Anda !

Pencegahan Virus Corona – Tahun 2020 dunia digemparkan dengan wabah virus corona. Virus yang berasal dari negeri tirai bamboo dalam sekejap menyebar ke segala penjuru dunia. Di Indonesia sendiri sampai saat ini (17/3) sudah ada lebih dari 170 kasus. Cara seperti apa yang harus kita lakukan sebagai usaha pencegahan virus corona yang dapat menyebabkan kematian

Mitos Mobil Warga +62 ? Nggak Masuk Akal

Mitos Mobil – Saat ini sudah banyak orang yang dapat mengendarai mobil. Tapi sebagian orang saja yang benar-benar sudah memahami tentang kendaraan roda empat itu. Dan parahnya, kelompok orang-orang yang sebenarnya belum paham ini malah menyebabkan banyak orang salah menilai dan percaya, serta berubah menjadi mitos-mitos mobil yang belum pasti kebenarannya. Kesalahpahamanlah yang akhirnya tercipta

Mobil Listrik Vs Mobil BBM Lebih Irit Mana ?

Di tahun 2020 ini masyarakat tanah air mulai marak membahas tentang mobil bertenaga listrik. Yang menaruh harapan besar mampu menggantikan posisi mobil berbahan bakar minyak atau BBM serta meminimalisir dampak polusi udara yang semakin parah kian harinya. Sayangnya harga yang lebih mahal mejadi bahan pertimbangan kembali karna memberatkan. Masih ingin tahu lebih perbandingan antara mobil

Scroll to Top