Coating Mobil Adalah ?

Coating Mobil adalah – Pada awal tahun ini yang sangat banyak sekali diperbincangkan terkait masalah coating yang telah jadi trending topic di majalah otomotif khususnya. Banyak pemilik mobil yang menanyakan pula tentang pengertian apa sih coating itu?

Tidak hanya itu, terdapat pula yang bertanya tentang apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari pemiliki mobil disaat telah mengaplikasikan coating pada mobilnya?.

Tujuan utama dari dikerjakannya coating pada cat mobil ialah untuk menjaga cat supaya awet dan warnanya tetap stabil (Tidak Kusam/Pudar). Coating sendiri tidak hanya berperan untuk menjaga warna akan tetapi melindungi cat mobil, juga bisa melindungi cat dari baret- baret kecil serta tipis yang tidak begitu nampak dengan kasat mata dan umumnya tanpa kita sadari tapi semakin lama jika bertambah banyak akan mengganggu.

Coating Mobil Adalah Cara Agar Mobil Anda Mengkilap, Lebih Mudah Merawat Cat dan Menahan goresan halus

Coating Mobil Adalah Cara Agar Mobil Anda Mengkilap
Coating Mobil Adalah Cara Agar Mobil Anda Mengkilap

Berikut ini kami akan jelaskan sebagian hal mengenai apa itu coating mobil. Pengertian coating mobil itu sendiri ialah sesuatu proses bagian dari auto detailing, dimana seseorang teknisi membalur secara merata suatu lapisan spesial pada permukaan cat mobil Anda sehingga dengan terdapatnya lapisan baru ini akan membuat tampilan bodi mobil yang Anda miliki senantiasa nampak lebih kinclong.

Banyak yang menyebut coating mobil dengan laminating mobil, nano coating, ataupun ceramic coating. semua istilah tersebut sama saja. Karena pada dasarnya cara kerjanya adalah menambah lapisan baru pada permukaan cat yang sudah ada.

Dalam pelaksanaannya ada berbagai macam jenis formula yang digunakan. Diantaranya adalah Wax, Sealant, dan Nano Ceramic. Masing-masing dari formula tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Namun sampai dengan saat ini Formula yang paling cocok dengan karakter orang dan cuaca di Indonesia adalah menggunakan nano ceramic. Karena Nano Ceramic sendiri memiliki ketahanan yang permanen selama cat tidak rusak dari dalam atau terjadi kecelakaan/benturan.

Sebelum proses Coating ada beberapa hal yang tentunya perlu anda perhatikan yaitu:

  1. Mobil anda harus benar-benar bersih
  2. Pastikan mobil dalam kondisi kering
  3. Jamur/watermark harus benar-benar terangkat
  4. jika anda tidak memiliki peralatan lengkap dan kemampuan detailing yang baik direkomendasikan ke workshop profesional untuk  Coating Mobil

Setelah aplikasi coating banyak orang yang berpikir bahwa mobilnya jadi benar-benar terlindungi dan tidak lagi membutuhkan perawatan harian sehingga anda  membiarkan mobil anda benar-benar “tersiksa”. Jika anda berpikir demikian dengan tegas kami beritahu bahwa cara anda berpikir tentang Coating Mobil adalah SALAH. Kita analogikan kasus ini dengan contoh simpel dalam kehidupan sehari-hari.

“Perbandingan kertas yang sudah dilaminating dan kertas yang belum dilaminating”

Silahkan anda melakukan riset sendiri untuk hal berikut:

  1. Kertas yang sudah dilaminating anda simpan di ruang terbuka (terkena sinar matahari & hujan secara berkala) selama 2 bulan
  2. Kertas yang belum dilaminating anda simpan di meja kerja anda
  3. Kertas yang sudah dilaminating anda simpen di meja kerja anda

Bagaimana hasilnya ?
1. Untuk Poin ke 1 kertas akan rusak karena lapisan plastik (Laminating) rusak yang disebabkan perubahan suhu secara terus menerus. (Terkena panas sinar matahari di siang hari dan terkena dinginnya udara malam.

2. Untuk Poin ke 2 kertas sedikit rusak mungkin terkena tumpahan kopi atau hal lainnya sudah dibersihkan tapi tetap meninggalkan noda

3. Untuk Poin ke 3 kertas masih bagus karena walaupun terkena kopi lapisan laminating berhasil melindungi kertas dan mudah untuk dibersihkan.

Jadi kesimpulan dari hasil riset sederhana tersebut adalah sebagus apapun “alat/sarana/media” yang kita gunakan untuk perlindungan tambahan akan benar-benar bekerja dengan baik jika disertai dengan penanganan rutin yang baik. Tetapi jika pada dasarnya kita memang orang yang suka merawat benda kesayangan tentu alangkah baiknya jika kita memberi perlindungan tambahan untuk benda kita tersebut.

Bagaimanakah perawatan rutin untuk mobil yang sudah pernah di aplikasi nano ceramic ?


1. Mencuci Mobil dengan rutin

Mengapa walaupun mobil sudah dicoating tetap perlu dicuci secara rutin ? karena walaupun mobil anda sudah tercoating mobil anda menjadi more easy to clean bukan menjadi Self cleaning. Oleh karena itu membersihkan secara berkala tetap diperlukan namun faktor pembedanya adalah mobil anda jadi lebih mudah dibersihkan karena mobil anda sudah tidak berpori sehingga kotoran yang menyebabkan jamur tidak mudah menempel.

2. Melakukan perawatan (Retouch Up) secara  berkala

Mobil anda sudah dicoating tapi mengapa harus kembali lagi ke workshop untuk perawatan? seperti yang sudah kami beritahu sebelumnya pada dasarnya Coating = Memberikan Lapisan baru. Watermark masih bisa saja muncul jika anda tidak “mencuci mobil secara rutin” namun yang membedakan watermark/jamur tersebut ada dilapisan coating bukan di lapisan clear coat pabrikan. Sehingga cat mobil anda lebih aman (tidak akan terkikis)

BACA JUGACara Memilih Coating Yang Baik dan Benar

Tetapi apabila tetap tidak mau melakukan tanpa perawatan pada mobil kesayangan Anda, coating tersebut umumnya cuma dapat bisa bertahan sampai 1-3 tahun (tergantung kualitas lapisan coating). Untuk itu, dibutuhkan perawatan berkala supaya coating senantiasa awet sampai mobil dijual. Perawatan berkala umumnya dicoba tiap 6 bulan sekali ataupun setahun sekali. Bersamaan dengan berjalannya waktu, coating pula termakan umur, bisa karena terkikis sedikit demi sedikit ataupun mulai kusam.

Selebihnya tahukah Anda manfaat dari coating mobil sendiri ?

Manfaat coating mobil:

1. Mengkilapkan secara permanen

Sebagian besar kendaraan yang belum di coating nano ceramic tidak akan benar- benar mengkilap meski anda kerap mencucinya. sesungguhnya hal tersebut disebabkan cat mobil kesayangan anda masih mempunyai pori- pori sehingga kotoran- kotoran masih bisa masuk ke celah- celah pori- pori tersebut. Kendaraan anda pun akan terpapar sinar matahari secara langsung sehingga cat menjadi kusam. Namun setelah kendaraan anda teraplikasi nano ceramic coating anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

2. Mengantisipasi baret- baret halus pada permukaan cat mobil

Sehabis mobil anda teraplikasi coating nano ceramic berarti mobil anda mempunyai lapisan tambahan diatas permukaan cat body. Bila diilustrasikan sama halnya seperti kertas yang telah di laminating. Kalaupun terdapat baret-baret halus, baret tersebut tidak akan langsung mengenai lapisan clear coat mobil anda

3. Perawatan cat kendaraan lebih mudah

Apabila mobil anda telah memakai nano ceramic coating berarti body mobil anda sudah jadi lebih halus/ tidak berpori. Sehingga mineral air/ partikel- partikel yang menyebabkan waterspot tidak akan gampang terbentuk karena biasanya kotoran serta partikel penyebab waterspot tersebut timbul karena partikel tersebut masuk ke dalam pori- pori cat kendaraan. Mudahnya untuk kendaraan yang sudah tercoating umumnya memiliki efek seperti daun talas.

Sekian penjelasan singkat Mengenai Coating Mobil, Kesimpulannya adalah Coating Mobil sangatlah diperlukan bagi anda yang benar-benar ingin kendaraan anda terlindungi dengan sempurna. Jangan asal memilih salon mobil untuk Aplikasi Coating mobil anda. Pilih salon mobil yang benar-benar profesional seperti Scuto Kelapa Gading.

Jika ada pertanyaan leih lanjut mengenai nano ceramic coating silahkan hubungi kami
Whatsapp

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Jual Nano Ceramic Coating Berkualitas

Cara pakai nano ceramic coating banyak dicari pemilik mobil yang tetap memperhatikan tampilan kendaraannya. Dengan lapisan nano ceramic, body mobil memang tampak maksimal serta mengkilap

Scroll to Top