Haram ! Jangan Lakukan Hal Ini Pada Mobil Matic

Mobil Matic – Apakah anda bisa mengemudi mobil ? Di era zaman now ini memang tidak sedikit orang lebih ingin mengendarai mobil matic karena tidak ingin ribet. Terlebih saat menghadapi kemacetan. Dengan maraknya mobil matic yang semakin merajalela, bisa saja membuat mobil manual kesannya malah tidak modern lagi atau kuno. Banyak yang berpendapat bahwa mobil matic sangat mudah dikendarai dari pada mobil manual. Namun ternyata hal yang dianggap simpel inilah yang membuat pengendara matic malah sering melakukan kebiasaan yang seharusnya tidak dilakukan pada mobil matic.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengendara mobil matic yang sebaiknya dihindari.

Posisi Transmisi

posisi transmisi mobil matic

Bagi para pengguna matic pasti pernah berhenti di tengah jalan, sambil menunggu lampu lalu lintas berubah menjadi hijau. Sebagian pengendara mobil matic kerap kali lupa akan memindahkan posisi transmisi saat sedang menunggu lampu merah. Sebagian besar pengendara justru membiarkan posisi transmisi tetap di drive atau D, padahal seharusnya dialihkan ke posisi netral atau N. Saat transmisi masih di posisi D mobil akan terus melaju secara otomatis. Memang pengendara masih bisa menekan rem untuk menahan laju. Akan tetapi jika ini terus dilakukan akan membebani kerja gearbox dan mesin. Jadi janganlah dijadikan kebiasaan ya, sebab akan muncul kekhawatiran pada kondisi tertentu. Misalnya saja pengemudi lelah bisa menyebabkan berkurangnya injakan pada penjajak rem dan mobil pun berjalan tanpa diinginkan dan berpotensi menabrak mobil lain yang ada di depannya.

Posisi Transmisi Di Jalan Downhill

Mobil matic pada jalanan down hill

Anggapan beberapa pengendara saat melalui jalanan menurun, tidak memasukannya gigi bahan bakar akan lebih hemat. Saat sedang menempuh jalan down hill pengendara mobil matic cenderung membiarkan posisi transmisi di D atau di L padahal cara ini merupakan cara yang salah. Karna jika sering dilakukan akan menyebabkan transmisi jebol karna terdapat pompa oli dan lainnya. Dan jika selalu di D akan mengurangi engine brake sehingga mobil meluncur lebih cepat saat berada di turunan yang curam. Oleh karna itu usahakan agar melakukan kombinasi posisi transmisi D dan L saat sedang menemui jalanan down hill. Jika pengendara tetap memasukan gigi di jalanan menurun mesin mobil akan menyesuaikan diri agar tidak mengkonsumsi bahan bakar, sehingga tertutupnya fuel injector dikarenakan kita terus memasukan gigi. Tenaga yang dihasilkan oleh putaran roda pun akan menyambung tenaga dari ke mesin.

Menggunakan Dua Kaki Pada Pedal Rem Dan Gas

Pedal rem dan gas pada mobil matic

Berbeda dengan mobil manual, menggunakan dua kaki pada pedal rem dan gas pada saat mengendari mobil matic sangat tidak disarankan. Sebab kesalahan ini bisa membahayakan pengendara dan penumpang mobil. Kontrol kendaraan bisa menjadi sulit dan kampas rem pun cepat habis. Buat para pemilih mobil matic harus bisa membiasakan diri untuk menggunakan satu kaki saja.

Mobil Berhenti Sebelum Mengganti Gigi

Selanjutnya sebelum mengganti posisi gigi pastikan kendaraan sudah dalam posisi diam. Saat anda ingin memundurkan mobil untuk memindahkan transmisi ke R dari posisi D pastikan dulu mobil sudah berhenti dan begitu juga sebaliknya. Hal tersebut akan memakai rem untuk berhenti bukannya berhenti karna ada perubahan transmisi. Karna pada dasarnya transmisi adalah sistem untuk mengganti gigi, sementara untuk membuat kendaraan berhenti harus selalu menggunakan rem yang memang fungsi nya ditujukan untuk itu.

Kurang Perhatian Pada Posisi Perseneling

Ada lagi hal yang begitu sering diabaikan bagi pengguna mobil matic, yakni pada posisi perseneling terutama saat sedang parkir atau saat keluar parkir. Apalagi bagi anda yang sering menghadapi macet luar biasa sehingga jika telat sampai ke tempat tujuan biasanya suka parkir dengan terburu-buru. Pengendara kerap kali juga untuk menggerakan tuas transmisi dari N atau D ke posisi park atau P. Selain itu sering kali pengendara menekan gas terlalu agresif karena berpikir mobil sedang maju padahal posisinya pada gigi mundur sehingga ketika gas diinjakan secara agresif bisa menyebabkan mobil meluncur secara tak terkendali dan menabrak kendaraan yang ada di depannya. Saat parkir hindarilah mengubah transmisi ke posisi P jika kendaraan belum berhenti sepenuhnya, hingga tuas transmisi pada saat mobil belum berhenti resiko merusak transmisi dan memperpendek umur transmisi. Terlebih tuas P untuk parkir, bukan untuk mengerem kendaraan, jadi hindarilah kebiasaan buruk yang satu ini juga yaa.

Kesalahan Menderek Mobil

Proses derek mobil matic

Bisa saja saat sedang berkendara mobil anda mengalami mogok hingga terpaksa diderek, akan tetapi yang menjadi kesalahan saat menderek mobil matic adalah ban roda penggeraknya tidak diangkat atau digantung. Perlakuan semacam ini bisa menyebabkan komponen-komponen dalam transmisi dapat mengalami kerusakan. Terus dipaksa untuk berkerja tanpa adanya lubrikasi karna mesin dan pompa oli yang berada pada posisi mati.

Tidak Disiplin Mengganti Oli Transmisi

 

Pengisian oli transmisi pada mobil matic

Satu lagi kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan pengguna mobil matic. Pengendara juga sering bersikap tidak disiplin dalam melakukan perawatan mobil. Salah satunya tidak mengganti oli di transmisi sesuai dengan waktu atau jadwalnya. Padahal bila sering terlambat menggantinya mesin mobil akan mengalami aus karena fungsi lubrikasi tidak bekerja secara maksimal, dan jika hal ini dilakukan terus- menerus bakal berakibat fatal pada komponen transmisi, seperti yang kita tahu bahwa oli transmisi merupakan komponen penting dalam mobil matic. Jika oli transmisi telat diganti tenaga mobil bisa berkurang, lebih parahnya lagi mobil tidak bisa bergerak karena temperature mesin naik serta pelumas pada komponen transmisinya menyusut.

Itulah beberapa kesalahan yang sering kali dilakukan para pengendara mobil matic. Bagaimana? setelah mengetahui kesalahan-kesalahan di atas semoga anda para pengguna mobil matic dapat belajar untuk memperbaiki kebiasaan buruk yang sering anda lakukan saat mengendarai mobil matic. Karena semua itu berkaitan langsung dengan keselamatan anda pada saat berkendara di jalan raya.

Whatsapp

Scuto

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Scroll to Top