Perbedaan Auto Detailing dan Salon Mobil Yang Harus Anda Tahu

Bila ada selaku pemilik mobil mau senantiasa jika mobil kesayangan Anda terlihat mengkilap serta bersih hal tersebut pasti pula jadi keingianan tiap orang yang mempunyai mobil tercinta nya. Maka dari itu dibutuhkan perawatan mobil secara teratur, sebab memelihara kebersihan mobil dapat menghindari kerusakan.

Kami dari scuto kelapa gading selaku salon mobil menyarankan Anda supaya mobil sepatutnya dimasukkan ke salon ataupun auto detailing. Tetapi, saat sebelum bawa mobil kesayangan ke auto detailing ataupun salon, terdapat hal yang harus dikenal pemilik, jika terdapat perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan Auto Detailing dan Salon Mobil Yang Harus Anda Tahu, Mana Yang Cocok Untuk Mobil Anda ?

Perbedaan Auto Detailing dan Salon Mobil Yang Harus Anda Tahu
Perbedaan Auto Detailing dan Salon Mobil Yang Harus Anda Tahu

Tahukah Anda bila antara salon mobil serta auto detailing mempunyai perbedaan, secara sekilas bisa jadi sama, akan namun ada pembeda jelas di cairan pembersih yang digunakan, pengerjaan yang lebih detail, hingga pengerjaan dengan mengunakan alat spesial.

Kami memiliki anggapan bila auto detailing memiliki standard operating procedure( SOP) alias prosedur operasi standar yang dibilang lumayan baik. Auto detailing dikerjakan diawali dari Cleaning. Walaupun nampak simpel, mencuci merupakan salah satu kegiatan terpenting dalam melindungi penampilan kendaraan. Di satu sisi, mencuci merupakan upaya menjaga penampilan kendaraan yang sangat sering dicoba. Tetapi di sisi lain, kegiatan ini dapat jadi sumber kerusakan cat yang terdapat di permukaan mobil, bila hal tersebut dilakukan dengan tidak mengenakan peralatan serta teknik yang benar.

Claying

Tidak hanya mencuci, upaya yang lain yang termasuk dalam tahapan cleaning ialah claying. Aktivitas ini dilakukan untuk membersihkan endapan kotoran yang tidak terangkat pada saat mencuci. Proses claying dicoba dengan clay bar dan dorongan cairan lubrikasi buat memudahkannya penggunaanya pada permukaan mobil.

Paint correction

Tahap selanjutnya ialah Preparasi/ Paint correction. Gores, baret, oksidasi dan berbagai cacat lain pada permukaan kendaraan ialah hal- hal yang tidak diinginkan para pemilik kendaraan. Namun apabila hal tersebut terlanjur terjadi, sampai yang dapat dilakukan ialah melakukan koreksi pada permukaan kendaraan.

Paint correction dapat dilakukan dengan compounding, polishing serta glazing, dan bahan- bahan lain yang dibikin untuk menanggulangi persoalan- persoalan spesifik pada permukaan kendaraan. Biasanya para detailer menganggap kalau tahapan preparasi/ paint correction ini ialah bagian sangat berarti buat hasil akhir yang optimal. Sebab di tahapan inilah persoalan- persoalan pada tampilan kendaraan diperbaiki.

Proteksi

Setelah itu ialah proteksi. Segala proses terbust di atas tidak akan sempurna apabila tidak memberikan proteksi apa pun pada kendaraan. Oleh karena itu preparasi harus diiringi dengan tahapan perlindungan. Proteksi pada permukaan kendaraan kendaraan dilakukan dengan memberikan lapisan wax, sealant, maupun coating di permukaan cat.

Produk yang berbeda diperlukan buat melindungi permukaan lain seperti ban, metal, krom, trim dan sebagainya. Dengan berikan lapisan, sampai kotoran tidak akan mudah terakumulasi pada permukaan kendaraan. Pada sebagian produk, wax maupun sealant bahkan mempunyai kemampuan untuk membuat debu dan air tidak menempel pada kendaraan.

Tidak hanya memberikan proteksi pada permukaan kendaraan, bahan- bahan yang tercantum dalam tipe ini pula sanggup menambah kesempurnaan tampilan kendaraan setelah lewat sesi preparasi ataupun paint protection.

Proses yang terakhir merupakan Maintenance. Perlindungan yang diberikan pada kendaraan bersifat temporal. Durasinya dapat berbeda, bergantung pada keahlian produk masing- masing. Buat melindungi supaya kemampuan perlindungan bertahan maksimal, maka perlu dilakukan perawatan berkala.

Untuk melaksanakan perawatan berkala, bahan- bahan yang digunakan disebut detailer, finishing, last touch, ataupun sejenisnya. Tujuannya buat menghindari sedini mungkin kotoran melemahkan kemampuan perlindungan.

Setelah itu ada kegiatan yang semakin kompleks dikala akan melewati proses ke- 3 ialah ditambahkan susunan pelindung yang umumnya disebut Nano Ceramic Coating. Teknologi paint protection yang sangat terkenal di dunia, ialah Nano Ceramic Coating yang sifatnya menyelimuti serta memproteksi cat kendaraan jauh lebih baik daripada wax. Umumnya akan lebih tahan lama, full detailing dengan ceramic coating bakal tahan hingga 2- 8 tahun itupun bergantung dengan Nano yang digunakan.

Keamanan perlengkapan detailing terhadap permukaan cat mobil, sangat tergantung pada siapa yang memanfaatkannya. Jadi, hendaknya seleksi salon mobil yang handal. Dapat ditandai dari jam terbang, pula tingkatan aduan komplain ataupun kepuasan konsumen lain pada workshop bersangkutan.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Scroll to Top